RSS
Facebook
Twitter

Monday, August 5, 2013

Bumbu Nasi Goreng

Bumbu nasi goreng banyak sekali ragamnya, bahkan sekarang banyak dijual di pasar maupun swalayan terkemuka bumbu nasi goreng instan dengan berbagai merk. Tentunya masing-masing merk jika digunakan akan menghasilkan cita rasa yang berbeda-beda. Dari yang menyediakan kemasan sekali masak berupa saset sampai dengan kemasan botol yang bisa digunakan untuk beberapa kali memasak, tentunya harus disimpan dalam lemari pendingin sisanya.

Praktis, tentunya bagi pemula yang baru belajar memasak maupun yang ingin menyajikan secara cepat, ataupun karena malas menyediakan bumbu dan menghaluskannya sebelum memasak. Banyak alasan yang akhirnya menyebabkan beberapa perusahaan pembuat bahan kuliner membuat produk bumbu nasi goreng instan dalam berbagai kemasan. Bahkan ada juga lho yang di dalam bumbu nasi goreng tersebut sudah terdapat campuran daging, ikan, maupun jamur dan bahan-bahan lain.

Tetapi bagi saya, bumbu nasi goreng instan yang ada di pasaran kurang cocok di lidah, terkadang terlalu terasa trasi nya, atau rasa-rasa lain yang untuk saya terasa kurang pas. Kalau terpaksa harus memasak kilat memang sih masih menyediakan bumbu nasi goreng instan di lemari dapur, jika ada waktu saya lebih suka membuat bumbu nasi goreng sendiri secara alami.

Bisa juga gunakan ide ini, buat banyak bumbu nasi goreng sendiri dan masukkan ke botol, kemudian simpan dalam lemari pendingin. Berikut akan saya share resep bumbu nasi goreng ala saya :)

Bumbu halus :

3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
2 cabe merah rawit
5 cabe keriting
goreng sebentar bahan diatas sebelum dihaluskan
2 kemiri
1 sdt terasi masak (ny siok fave saya)
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
haluskan semua

Selamat mencoba bumbu nasi goreng ala saya :)

0 comments:

Post a Comment